Jumat, 26 Maret 2010

PROPOSAL KKG

Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat izin Nyalah kami dapat menyusun rencana kerja kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon.

Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah profesi guru-guru di Sekolah Dasar (SD) adalah sarana efektif untuk mengkonunikasikan permasalahan pembelajaran maupun peningkatan materi pengetahuan guru guna meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar. Melalui KKG diharapakan guru dapat menghindari kebiasaan mengajar yang tanpa variasi dan membosankan baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Sehingga guru mampu menerapkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).

Dengan adanya dukungan dari pihak-pihak yang berwenang terhadap pendidikan serta dukungan dari pihak-pihak pemerintahan, merupakan motivasi yang sangat besar bagi KKG Kecamatan Tengahtani untuk melaksanakan kegiatan secara optimal. Untuk itu kami Kelompok Kerja Guru (KKG) mengucapkan terimakasih kepada :

1. Bapak kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon
2. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon
3. Ketua PGRI Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon
4. Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S)Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon
5. Kepala Kantor Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa Program Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) ini masih sangat sederhana baik bentuk maupun isi serta masih terdapat kekurangan dibeberapa bagian, untuk itu kami mohon kritik, saran, perbaikan maupun koreksi dari pihak yang terkait guna menyempurnakan program ini.

Semoga yang telah kami rencanakan mendapat rahmat dari Allah SWT dan restu dari semua pihak yang terkait, sehingga mutu pendidikan di Kecamatan Tengahtani dari waktu ke waktu menjadi lebih baik sehingga program pemerintah tentang pendidikan dapat tercapai. Amin.

B A B I
P E N D A H U L U A N
A. Rasional
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia mnomor 14 tahun 2005
Pada pasal 1 berbunyi “ Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama memdidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.”
Kompetensi yang harus dimiliki guru setelah dijabarkan menjadi 4 elemen sesuai dengan PP no. 19 tahun 2005, yaitu ;
1. Kompetensi Profesional, guru menguasai berbagai wacana dengan melakukan berbagai kegiatan dan berkomunikasi secara efektif.
2. Kompetensi Pedagogik, guru mampu mengelola pembelajaran peserta didik, meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, assessment dan pengaktualisasian berbagai potensi peserta didik.
3. Kompetensi Kepribadian, guru menjadi agen pembelajaran (learning agent), beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, berkepribadian yang mantap dan stabil, arif dan bijaksana, dewasa dan berwibawa, serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
4. Kompetensi Sosial, mampu berkomunikasi dengan harmonis kepada peserta didik, lingkungan kerja dan masyarakat.

B. TUJUAN
Penyelenggaraan Kegiatan Kelompok Kerja Guru ini bertujuan untuk ;
1. Menumbuhkan budaya meneliti, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sehingga bermakna untuk meningkatkan mutu pelajaran.
2. Meningkatkan kompetensi professional melalui peningkatan penguasaan berbagai wacana dan kemampuan berkomunikasi, dan memberdayakan Kelompok Kerja Guru.
3. Menumbuhkan tekad dan niat untuk mendayagunakan segala kemampuan pribadi setiap guru matematika secara optimal terutama dalam hal yang berkaitan dengan pengembangan profesi dan sertifikasi.

C. SASARAN
Sasaran KKG Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon adalah :
1. Anak Didik, atau apeserta didik yang menjadi sasaran kegiatan kami adalah peserta didik yang berada di Sekolah Dasar di Kecamatan Tengahtani.
2. Pendidik, atau guru-guru Sekolah Dasar yang berada di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Tengahtani.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Melalui Kegiatan Kelompok Kerja guru kecamatan Tengahtani, diharapkan :
a) Hasil yang diharapkan bagi guru.
1. Program KKG dapat diinformasikan, kemudian diserap dan dapat dijadikan pedoman kegiatan belajar mengajar.
2. Tumbuhnya upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, sehingga mampu mempersiapkan diri untuk memperoleh nilai lebih secara moril maupun materil.
3. Tumbuhnya keinginan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi guru sehari-hari yang berdampak pada tumbuhnya budaya meneliti dan menulis PTK.
4. Menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap pengembangan kurikulum.
5. Menyamakan persepsi terhadap materi pelajaran setiap mata pelajaran sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi mata pelajaran bagi setiap guru.
6. Membuat bank soal sehingga dapat dijadikan standar materi pelajaran dan dapat dipergunakan dalam kegiatan ulangan harian maupun semester.
7. Membuat kisi-kisi soal, sehingga guru dapat membuat soal-soal dengan baik tepat sasaran sehingga benar-benar dapat mengevaluasi kegiatan dengan tepat.
b) Hasil yang diharapkan bagi peserta didik.
1. Dapat menerima pelajaran dengan motivasi yang kuat untuk memperbaiki dirinya dengan kemampuan yang lebih baik.
2. Dapat bersaing sehat melalui lomba-lomba yang diadakan KKG Kecamatan Tengahtani sebagai evaluasi / tolak ukur keberhasilan siswa.
3. Dapat bersaing dengan baik untuk memperoleh juara dalam setiap kegiatan lomba yang diadakan oleh Kabupaten Cirebon maupun tingkat yang lebih tinggi.
4. Dapat mengembangkan bakat ketrampilan, ilmu, tekhnologi maupun seni budaya dari setiap peserta didik.

B A B II
PELAKSANAKAN PROGRAM DAN KEGIATAN

Program kegiatan Kelompok Kerja Guru Kecamatan Tengahtani mempunyai dua sasaran sebagai bidang garapan yaitu peserta didik dan guru.

A. Program untuk peserta didik
 Kegiatan kelas unggulan terdiri dari siswa kelas V terbaik , kegiatan ini dilakukan secara kontinew setiap minggu yaitu setiap hari sabtu. (Jadwal Terlapir)

 Kegiatan lomba-lomba.
Kegiatan lomba yang diselenggarakan adalah :
a. Lomba Mata Pelajaran, pada lomba ini mata pelajaran yang dilombakan adalah :
1. Bahasa Indonesia
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
3. Matematika
4. Ilmu Pengetahuan Sosial
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Kelompok MIPA
b. Lomba Kreatifitas dan Seni
1. Teknologi tepat guna
2. Ketrampilan
3. Nyanyi Solo
4. Paduan suara
5. Melukis
6. Computer
c. Lomba cerdas cermat
d. Lomba Pasiad
e. Lomba Calistung

B. Program Kegiatan Untuk Guru
 Kegiatan rutin guru dilaksanakan setiap hari sabtu. ( Jadwal terlampir)
 Kegiatan lain yang menunjang peningkatan mutu guru, antara lain :
1. Pelatihan KTSP
2. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan PTK
3. Penyusunan KKM



 Tempat kegiatan
Tempat kegiatan berpusat di Pusat Kegiatan Guru PKG yaitu berada di lingkungan SD Negeri 3 Dawuan Kecamatan Tengahtani. Sedangkan untuk kegiatan yang bersifat incidental tempat dapat ditentukan kemudian.

C. Pendanaan
Pendanaan berasal dari :
1. Pemerintah Daerah
2. Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kecamatan Tengahtani
Uraian secara rinci tentang pendanaan terlampir.

D. Pengurus, Petugas dan Pembimbing
a. Pengurus Kegiatan Kelompok Kerja Guru Kecamatan Tenghatani telah terbentuk dan disahkan oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tengahtani. Susunan Pengurus terlampir.
b. Petugas yang bertugas untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada kelas khusus adalah sebagai berikut :

DAFTAR NAMA PEMBIMBING SISWA

Achmad Ramlan
Pembimbing Mata pelajaran
Matematika
Pkn
IPS
IPA
Bhs. Inggris

c. Pembimbing Kelompok Kerja Guru Kelas adalah sebagai berikut :
1. Ibu Hj. Asiyah, S.Pd. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tengahtani.
2. Bapak Tito Rustito,S.Pd. Pengawas TK/SD UPTD Pendidikan Kec. Tengahtani.
3. Bapak Drs. Tatatng Targanda Ketua K3S Kec.Tengahtani.
4. Bapak Sara Hartaman,BA. Ketua PGRI Kecamatan Tengahtani
5. Pengurus Kelompok Kerja Guru Kec. Tengahtani





F. Jadwal Kegiatan
1. Jadwal Kegiatan Siswa
a) Kegiatan Pembinaan rutin siswa kelas V . ( jadwal terlampir)
b) Kegiatan Lomba - lomba
JADWAL KEGIATAN LOMBA

KEGIATAN WAKTU PELAKSANA KET
A. Lomba Mapel
1. Bhs. Indonesia
2. Matematika
3. Pkn
4. IPS
5. IPA
B. Lomba Kreatifitas
1. Tek.tepat guna
2. Karya seni
3. Melukis
4. Paduan Suara
5. Solo
C. Lomba Calistung
C. Lomba MIPA
D. Lomba Pasiad
Pebruari 2009





Pebruati 2009





Pebruari 2009
Maret 2009
Desember 2009
KKG Kecamatan Tengahtani Pelaksanaan kegiatan lomba di tingkat kabupaten dilaksanakan sekitar bulan April 2009

2. Kegiatan Guru, (terlampir)







BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A. Kesimpulan
Kegiatan yang telah kami programkan sangat bermanfaat baik bagi kemajuan peserta didik maupun pendidik khususnya di Kecamatan Tengahtani. Program kegiatan ini disusun berdasarkan kebutuhan dan hasil evalusi kegiatan yang lalu, agar kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Pemerintah.

Aktualisasi pengetahuan seputar pembelajaran merupakan kebutuhan yang tanpa batas, apalagi tuntutan masa datang menyangkut uji kompetensi dan sertifikasi. Bantuan berupa motivasi dam materil sangat kami butuhkan, hal ini patut dipahami sebab selama ini untuk melaksanakan kegiatan diperlukan adanya dana yang tidak sedikit.

Kurikulum sebagai pedoman kegiatan dapat dipelajari dan dipahami sebagai pedoman kegiatan guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dengan kegiatan pertemuan yang rutin semua permasalahan dapat dimusyawarahkan cara pemecahan masalahnya.

Bagi Peserta didik dan guru yang telah mengikuti program ini diharapkan dapat merealisasikan hasil kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan sehari – hari.








B. Rekomendasi
1. Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) ini hendaknya dapat berlangsung secara berkelanjutan, sehingga benar-benar dapat mencapai hasil yang optimal.
2. Dana untuk pelaksanaan kegiatan program ini sangat diharapkan guna memberikan kesempatan untuk lebih memotivasi kegiatan, sehingga bidang garapan dari program ini dapat mencapai sasaran yang telah kita inginkan.

Cirebon, 2009
Ketua Kelompok Kerja Guru
Kec. Tengahtani




ACHMAD RAMLAN






Mengetahui ;
Pengawas TK/SD

Hj SUUDIYAH, S.Pd


Kepala UPT Pendidikan
Kec. Tengahtani Kec. Tengahtani

Hj. ASIYAH, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar